3.01.2013

Melihat Kehidupan Di Kamp Tawanan Perang Nazi

Bila mendengar Nazi, tentu banyak yang meyakini jika bahwa kamp tawanan perang Jerman kejam dan mematikan. Tetapi, foto-foto berikut menunjukkan fakta yang sebaliknya. Kamp tawanan perang Jerman yang berlokasi di Murnau ini tampak menyenangkan.
"Para tahanan diperlakukan dengan baik, setidaknya sesuai dengan sikon saat itu," jelas Marion Hruschka, kepala asosiasi sejarah Murnau. Hruschka telah menghabiskan bertahun-tahun untuk melihat sejarah Oflag dan mengadakan pameran tentang hal itu. Menurut Hruschka , Oflag VII-A di Murnau yang menampung lebih dari 5.000 tahanan adalah sesuatu dari sebuah model kamp dan secara teratur diperiksa oleh Palang Merah Internasional. Hruschka juga mengatakan bahwa dengan model kamp semacam itu, Nazi berniat untuk menyampaikan kesan bahwa mereka mengikuti hukum internasional dan Konvensi Jenewa. Tetapi, dalam beberapa kasus, para tahanan juga ditembak dan pengobatan yang seharusnya diberikan pada tahanan dihentikan karena bertabrakan dengan ideologi rasis Nazi. Perwira Polandia berdarah Yahudi, misalnya, dipisahkan dari tahanan lain dan disekap dalam ghetto kamp.
Foto-foto di atas ditemukan oleh seorang remaja berusia 19 tahun bernama Olivier Rempfer yang berasal dari Cagnes-sur-Mer di tenggara Prancis pada tahun 1999. Secara tak sengaja, ia menemukan sebuah kotak kayu berisi rol film Voigtländer (pembuat kamera Jerman) 35mm yang memuat lebih dari 300 negatif foto. Bersama ayahnya, Rempfer kemudian mempublikasikan foto-foto langka tersebut. Tetapi, tidak jelas siapakah yang mengambil foto-foto tersebut, termasuk foto-foto saat kamp Murnau dibebaskan oleh Sekutu.
spigel online international

No comments :

Post a Comment