11.07.2012

Yang Pertama Di Dunia Fotografi

Ini adalah daftar pengalaman pertama yang sangat bersejarah di alam fotografi. Daftar ini bekerja dalam urutan kronologis terbalik dan berfokus terutama pada tahun-tahun awal dan terobosan paling signifikan dalam fotografi.
  • Digital Scan Photograph Pertama (1957)
Secara teknis, ini adalah foto digital pertama. Russell Kirsch adalah perintis komputer di Institut Nasional Standar dan Teknologi di Amerika Serikat ketika ia mengembangkan sistem di mana kamera bisa dimasukkan ke komputer. Foto di atas adalah Walden, putra Kirsch yang berusia tiga bulan. Ukuran foto tersebut 176×176 piksel. Walden sekarang bekerja untuk Intel.
  • Film Modern 35 mm Pertama (1934)
Bertahun-tahun setelah percobaan pertama dalam fotografi, Kodak pada tahun 1934 menemukan film 35 mm yang dengan cepat menjadi jenis film paling populer sampai hari ini. Film pre-loaded ini berupa gulungan dengan tepi berlubang yang memungkinkan untuk memuat film ke kamera di siang bolong. Ukuran film ini sudah digunakan di film bioskop, tapi belum begitu popular sampai Kodak membuat versi terbaru pada 1934 dan digunakan pertama kali oleh kamera Leica. Saat itu, film ini berharga $175 (setara dengan sekitar $ 3.000 hari ini).

  • Gambar Gerak Pertama (1888)
Film ini adalah film seluloid yang pertama kali diciptakan. Film ini hanya berlangsung selama dua detik, tetapi cukup waktu untuk melihat karakter berjalan. Direkam pada 12 frame per detik oleh penemu Perancis, Louis Le Prince, film ini mengambil lokasi di rumah Joseph dan Sarah Whitley di Roundhay, Leeds, West Yorkshire, Inggris pada tanggal 14 Oktober dan orang-orang yang muncul dalam film adalah Adophe Le Prince (putra Louis), Sarah Whitley, Joseph Whitley, dan Harriet Hartley. Sepuluh hari setelah syuting, Sarah Whitley (ibu mertua Le Prince) meninggal dunia. Dua tahun kemudian Le Prince menghilang secara misterius di kereta saat perjalanan antara Dijon dan Paris. Dua tahun kemudian, Alphonse, ditemukan ditembak mati di New York setelah bersaksi di pengadilan terhadap paten Edison.
  • Seri Berkecepatan Tinggi Pertama (1878)
Menggunakan serangkaian kabel, Eadweard Muybridge menciptakan seri foto berkecepatan tinggi pertama yang dapat dijalankan bersama-sama untuk memberikan efek gambar gerak. Muybridge terkenal karena metodenya menggunakan beberapa kamera untuk merekam gerak dan ia juga menciptakan alat yang disebut zoopraxiscope yang merupakan cikal bakal dari proyektor film modern.
  • Landscape Warna Pertama (1877)
Foto ini diambil oleh Louis Arthur Ducos du Hauron yang menemukan metode warna subtraktif (cyan, magenta, dan kuning) untuk mengambil foto. Louis adalah seorang pelopor Perancis dalam fotografi warna dan ia bekerja dengan warna subtraktif dan aditif (merah, hijau, dan biru).
  • Foto Warna Pertama (1861)
Ini adalah foto pita tartan (kain wol bergaris) yang diambil oleh James Clerk Maxwell dengan memotret pita itu sebanyak tiga kali―setiap kali memotret menggunakan filter warna yang berbeda di atas lensa. Tiga gambar tersebut kemudian dikembangkan dan diproyeksikan ke layar dengan tiga proyektor yang menggunakan filter warna yang sama. Ketika tiga gambar disejajarkan, foto berwarna penuh muncul. Ketiganya sekarang disimpan di Edinburgh, tempat kelahiran Maxwell.
  • Subjek Manusia Pertama (1840)
Ini adalah foto pertama yang sengaja menjadikan manusia sebagai subjek utama. Foto ini diambil ketika Selandia Baru menjadi koloni Inggris di mana Ratu Victoria menikah dengan Pangeran Albert dan pada tahun itu juga perangko pertama di dunia diciptakan. Foto ini diambil oleh William Henry Fox Talbot, penemu proses fotografi negatif / positif.
  • Manusia Pertama Dalam Foto (1838)
Ini adalah foto pertama yang pernah diambil, yang menangkap gambar seorang pria. Pria itu tidak jelas dan sedikit kabur. Gambar itu diambil oleh Louis Daguerre yang menemukan Daguerreotype yang menjadi salah satu metode paling awal di dunia fotografi. Pemerintah Prancis membeli hak Daguerreotype dan merilisnya secara gratis ke seluruh dunia.
  • Foto Kedua (1826)
Foto ini diambil oleh Nicéphore Niépce. Ini adalah foto pertama dari sebuah adegan nyata yang diambil dengan kamera obscura dan membutuhkan waktu delapan jam untuk mengeksposnya. Foto itu disebut “View from the Window at Le Gras.”
  • Foto Pertama (1825)
Inilah foto pertama yang juga diambil oleh Nicéphore Niépce. Ini adalah foto dari sebuah ukiran yang menggambarkan seorang pria berjalan menuntun kuda. Foto ini dibuat dengan menggunakan teknik yang dikenal sebagai heliogravure. Metode ini melibatkan sepotong tembaga yang ditutupi dengan aspal peka cahaya. Foto ini telah dinyatakan sebagai harta nasional oleh pemerintah Perancis dan dijual seharga $392.000 dalam lelang kepada Perpustakaan Nasional Perancis.

No comments :

Post a Comment