11.17.2012

Penemu Toilet Modern

Sebuah kesalahpahaman bila mengatakan bahwa toilet diciptakan oleh Mr. Thomas Crapper pada abad ke-18. Sebenarnya, toilet sederhana telah digunakan sejak zaman Babilonia. Lalu, pada tahun 1596, John Harrington menemukan WC indoor untuk digunakan Ratu Elizabeth I. Tapi, Harrington kemudian menerbitkan sebuah buku dengan kalimat-kalimat tak meyakinkan tentang penemuannya sendiri.
Siapa penemu toilet kemudian jatuh ke dalam ketidakjelasan selama hampir 200 tahun. Pada 1775, seorang tukang arloji di London, Alexander Cummings, mematenkan cikal bakal toilet modern: toilet siram standar. Sedangkan Mr. Thomas Crapper pada saat itu seorang tukang ledeng yang sukses. Meskipun ia mengajukan sembilan paten yang berhubungan dengan toilet antara 1881-1896, tapi ia bukanlah bapak toilet siram modern.
Kata toilet dalam bahasa Inggris, "loo", berasal dari kalimat dalam bahasa Perancis, "garde a l'eau!" Di Eropa abad pertengahan, orang Perancis yang memiliki sedikit konsepsi tentang kebersihan, membuang isi pispot mereka keluar jendela ke jalan di bawahnya sehingga memunculkan seruan "garde a l'eau!" ("Hati-hati, air!"). Di Inggris, frase ini diInggriskan. Pertama, "gardy-loo!", kemudian hanya "loo" yang berarti toilet atau WC. Di Amerika istilah untuk toilet adalah "john" yang merujuk pada nama John Harington.
Pada tahun 1913, maskapai penerbangan Rusia menjadi yang pertama yang menempatkan toilet di dalam pesawat. Sementara film Psycho dikatakan sebagai film pertama untuk menunjukkan toilet. Kertas toilet diduga telah diperkenalkan di China pada sekitar 850, jauh sebelum munculnya toilet seperti yang kita kenal.

No comments :

Post a Comment