11.05.2012

Gambaran Jerman Kuno Tentang Langit

Tahun 1990, dua pemburu harta karun yang berkeliaran di Mittelberg Hill di dekat Nebra, Jerman, menemukan sebuah cakram misterius. Terpendam sejak 3.500 tahun yang lalu, cakram itu adalah sensasi arkeologi dan seakan memuat pengetahuan astronomi dan makna keagamaan yang tersembunyi.
Dengan jari-jari berukuran 15 cm, cakram berwarna hijau pekat itu memiliki dekorasi emas berbentuk matahari atau bulan purnama. Dekorasi lainnya berbentuk bintang sejumlah 32 buah dan pita melengkung di tepiannnya. Sebanyak 40 lubang kecil berada di sekelilingnya.
Di antara semua bintang yang ada pada cakram itu, kelompok tujuh bintang kemungkinan merupakan gugus bintang Pleiades. Sedangkan 30 titik bulat diperkirakan melambangkan sistem hitungan 30 hari dalam kalender syamsiah. Ketebalan bulan sabit juga terlihat sesuai dengan kemunculannya dalam tahun kabisat. Di sisi lain, sebuah busur emas yang dibatasi oleh garis-garis halus tampaknya mewakili sebuah bentuk kapal. Kesimpulannya, kemungkinan besar cakram itu bukan hanya berfungsi sebagai kalender, tetapi juga berfungsi sebagai alat navigasi orang-orang Jerman Kuno.
Cakram Langit Nebra sekarang disimpan di Museum Prasejarah di Halle, Jerman. Selain cakram tersebut, di situs juga ditemukan dua bilah pedang, sebuah pahat, kepala kapak dan gelang. Berdasarkan analisis ilmiah dan penyelidikan arkeologis benda-benda itu disimpan sekitar 1600 BC dalam sebuah lubang dangkal di Mittelberg Hill.
*pindahan dari blog lama yang sudah tidak terbit
referensi

No comments :

Post a Comment