11.02.2012

Dewa-dewi Yunani Yang Paling Subur

Melalui pelajaran sejarah kita mengenal masa Yunani Kuno beserta mitologinya yang menyangkut dewa-dewi dan peranan mereka. Tetapi, tahukah Anda siapa saja dewa-dewi tersebut yang paling subur alias banyak anak? Berikut ini jawabannya.
Afrodit dan Hermes
Afrodit memang identik dengan daya tarik sexual. Dari namanya pula istilah afrodisiak diambil. Seringkali dianggap sebagai dewi cinta, Afrodit terkenal karena fisiknya. Kendati menikah dengan Hephaestus, tetapi ia justru memiliki lima anak dari Hermes: Tyche, Rhodos, Peitho, Eunomia dan Hermaphroditus. Hermes sendiri memiliki anak bernama Pan.
Cronus dan Rhea
Cronus memiliki enam anak (Hestia, Hades, Hera, Poseidon, Demeter dan Zeus) yang semuanya dilahirkan oleh adiknya sendiri, Rhea. Pada gambar di atas tampak Rhea menyerahkan salah satu anaknya untuk ditelan Cronus (Ayah Cronus, Uranus, mengutuknya bahwa suatu saat nanti ia akan dibunuh oleh anaknya sendiri, sebagaimana Cronus telah membunuhnya). Rhea bosan pun melihat Cronus selalu memakan anak-anak mereka sendiri. Oleh karena itu, ketika Zeus lahir, Rhea mengirimnya ke dunia sampai kemudian Rhea menemukannya dan memerintahkannya untuk meracuni Cronus. Cronus akhirnya memuntahkan kelima anaknya yang telah ia telan, lalu ia dilemparkan oleh anak-anaknya ke dalam Tartarus.
Atlas dan Pleione
Pleione memberi Atlas 7 anak: Maia, Merope, Aterope, Calaeno, Electra, Alcyone dan Tagete. Ketujuh bersaudara itu disebut Pleiades. Gugus bintang Pleiades diambil dari nama tujuh bersaudara itu.
Mnemosyne
Mnemosyne merupakan dewi yang dianggap sebagai dewi memori. Ia memiliki sembilan anak hasil affairnya dengan Zeus. Kesembilan anaknya itu antara lain Calliope, Clio, Erato, Euterpe, Melpomene, Polyhymnia, Terpsichore, Thalia dan Urania. Mereka adalah para muse yang dipandang sebagai dewi-dewi seni.
Uranus
Uranus dilahirkan oleh Gaia. Tetapi, bersama Gaia pula ia menghasilkan duabelas raksasa (Mnemosyne, The Cyclopes, Cronus, Rhea, Coeus, Phoebe, Hyperion, Hecatonchires, Iapetus, Oceanus, Tethys dan Echidna). Sebelum keduabelas anak itu lahir, Uranus dan Gaia leha melahirkan Hecatonchires yang memiliki 50 kepala dan seratus tangan. Karena jijik, mereka melemparkan Hecatonchires ke dalam Tartarus. Setelah Hecatonchires, lahirlah Cyclopes yang mengerikan. Kembali, mereka melemparkan Cyclopes ke dalam Tartarus.
Erebus
Erebus adalah anak Chaos dan personifikasi kegelapan. Bersama sang adik, Nyx, ia punya 14 anak: Aether, Hemera, Momus, Ponos, Moros, Thanatos, Hypnos, Hesperides, Keres and Fates, Nemesis, Apate, Philotes, Geras dan Eris. Di antara mereka yang cukup terkenal adalah Hypnos, dewa tidur, dan Eris, dewi perselisihan.
Zeus
Zeus setidaknya memiliki 20 anak yang dilahirkan oleh Sembilan dewi berbeda. Di antara dewi-dewi tersebut adalah saudara perempuannya, seperti Hera, Demeter ataupun bibinya, Mnemosyne. Ia melahirkan Sembilan muses dan dewa-dewa lain di Olympus. Anak-anak Zeus antara lain Dionysus, Heracles, Ares, Hebe, Hephaestus, Calliope, Clio, Erato, Euterpe, Melpomene, Polyhymnia, Terpsichore, Thalia, Urania, Persephone, Peaches, Aphrodite, Apollo, Artemis, Hermes dan Athena. Khusus untuk Athena, ia lahir dari kepala Zeus ketika Zeus dilanda sakit kepala.
Oceanus dan Tethys
Pasangan ini adalah pasangan yang paling banyak memiliki anak. Konon, mereka memiliki tiga ribu anak―bahkan ada pula yang mengatakan bahwa mereka memiliki 6000 anak―perempuan yang dikenal sebagai Oceanid. Setiap Oceanid ditugaskan di bagian tubuh air tertentu, padang rumput ataupun awan. Dari jumlah tersebut, hanya 103 yang diberi nama:
Admete Akaste Ambrosie Amphiro Argia Amphitrite Arsinoe Asia Asterope Bromie Bromis Beroe Daeira Dione Dodone Doris Elektra Erato Eriphia Euagoreis Eudora Ephyra Eidyia Europa Europe Eurynome Galaxaura Hesione Hagno Hippo Hyale Iakhe Ianeira Ianthe Idyia Kallirhoe Kalypso Kerkeis Khariklo Keto Kapheira Kamarina Khryseis Kisseis Klitenneste Klymene Klytia Koronis Krokale Leukippe Leuke Lyris Libya Melia Melita Melite Meliboia Melobosis Menestho Menippe Merope Metis Neda Nemesis Nephele Nysa Okyrhoe Okyroe Ourania Paregoron Pasiphae Pasithoe Pedile Peitho Periboia Perseis Petraie Phaino Phiale Philyre Phyto Plexaura Plouto Polydora Polyhymno Polyxo Pronoia Prymno Psekas Rhanis Rhodea Rhodeia Rhodope Stilbo Styx Telesto Teschinoeno Theisoa Thoe Thyone Tykhe Xanthe Zeuxo 
referensi: 1 2

No comments :

Post a Comment