11.12.2012

21 Fakta Kecil Tempo Dulu

Dalam artikel ini, Anda akan menemukan fakta-fakta kecil dari berbagai belahan dunia dan peristiwa. Memang fakta kecil. Tapi, dalam sejarah, sekecil apa pun fakta itu patut menjadi bahan perhatian. Sebab, dari fakta-fakta kecil boleh jadi akan menguak fakta-fakta yang lebih besar. Setidaknya, akan menerbitkan rasa ingin lebih tahu.
  1. Steroid Romawi Kuno adalah kotoran babi hutan yang dikeringkan. Pembalap kereta sering mengkonsumsi minuman yang terbuat dari kotoran ini sebelum menghadapi even besar
  2. Selama Perang Dunia I, hukuman untuk homoseksualitas di kemiliteran Perancis adalah eksekusi.
  3. Pada jaman dahulu, setiap orang Jepang yang mencoba meninggalkan negara itu akan dieksekusi. Sebagai langkah penghalang, sebuah dekrit dikeluarkan pada tahun 1630 yang melarang pembangunan kapal-kapal besar.
  4. Golongan darah anggota SS ditatokan di ketiak mereka.
  5. Andorra mesti menghadapi dua perang dunia pada saat yang sama. Pada akhir Perang Dunia I, nama Andorra dihilangkan dari Perjanjian Versailles yang berarti bahwa 11 tentara nasional Andora secara teknis masih berperang dengan Jerman. Ketika Perang Dunia II pecah pada tahun 1939, sumber daya Andorra mengalami tekanan. Jadi, negara buru-buru itu menandatangani perjanjian pribadi dengan Jerman yang berarti mengakhiri Perang Dunia I sekaligus bersekutu dengan Jerman dalam Perang Dunia II.
  6. Februari 1865 adalah satu-satunya bulan dalam sejarah yang tercatat tidak memiliki bulan purnama.
  7. Sebuah pisau cukur emas hilang dari makam Tutankhamen lebih dari 3000 tahun setelah kematiannya. Pisau cukur itu masih cukup tajam untuk digunakan.
  8. Di Yunani kuno seorang idiot adalah warga negara pribadi atau orang awam.
  9. Louis XIX hanya menduduki tahtanya mulai dari sarapan sampai waktu minum teh pada tanggal 2 Agustus 1830, saat di mana ia turun tahta.
  10. Hukuman bagi pria yang berzinah di Yunani kuno adalah akar sayur di mana matahari tidak bersinar.
  11. Kaisar Romawi Caligula begitu marah oleh kematian Drusila, adiknya. Ia mengenakan satu tahun berkabung. Selama waktu itu, semua orang di Romawi dilarang untuk makan bersama keluarganya, tertawa atau mandi. Hukuman bagi yang melanggar adalah kematian.
  12. Gencatan senjata yang mengakhiri Perang Dunia I diketik terbalik, dari belakang ke depan. Petugas Perancis yang mendikte tidak sengaja memasukkan beberapa kertas karbon dengan cara yang salah.
  13. Orang Cina sudah menggunakan aluminium untuk membuat barang-barang sejak 300 AD, sedangkan peradaban Barat tidak menemukan kembali logam sampai tahun 1827.
  14. Banyak pria yang bertindak sebagai penjaga di sepanjang Tembok Besar China di Abad Pertengahan menghabiskan seluruh hidup mereka di sana. Mereka lahir di sana, dibesarkan di sana, mereka menikah di sana, meninggal di sana dan bahkan terkubur dalam dinding.
  15. Di bawah undang-undang Cina Kuno, siapa pun yang mengungkapkan bagaimana cara membuat sutra akan dihukum mati dengan penyiksaan.
  16. Negara pertama yang menghapus hukuman mati adalah Austria pada 1787.
  17. Natal tidak menjadi hari libur nasional di AS sampai tahun 1890.
  18. Meskipun Ohio tercatat sebagai negara ke-17 di Amerika Serikat, secara teknis nomor 47. Sampai 7 Agustus 1953, Kongres lupa untuk memberikan resolusi resmi pengakuan Ohio sebagai bagian dari Uni.
  19. The Nation Boston, sebuah surat kabar yang terbit di Ohio pada pertengahan abad ke-19, memiliki halaman dengan panjang 7 ½ kaki dan lebar 5 ½ kaki. Dibutuhkan dua orang untuk memegangnya tinggi-tinggi agar bisa dibaca.
  20. Sementara bom atom Hiroshima sedang disiapkan di New Mexico, pelamar untuk pekerjaan kasar di pabrik tidak akan dipekerjakan jika mereka bisa membaca. Ini karena pihak berwenang tidak ingin mereka membaca dokumen rahasia yang dibuang.
  21. Hanya dua orang yang menandatangani Deklarasi Kemerdekaan pada tanggal 4 Juli 1776, John Hancock dan Charles Thomson. Mayoritas anggota Kongres lainnya menandatanganinya pada tanggal 2 Agustus, meskipun tanda tangan terakhir tidak ditambahkan selama lima tahun.

No comments :

Post a Comment