10.29.2012

Sauna Zaman Perunggu

Para arkeolog telah menemukan sisa-sisa dari apa yang mereka yakini sebagai tempat pemandian atau sauna Zaman Perunggu. Lubang sedalam sekitar satu meter itu dilengkapi dengan sebuah saluran menuju sungai terdekat itu ditemukan di Stronechrubie, Assynt, di barat laut Highlands.
Temuan ini dibuat oleh Fire and Water Project yang dikerjakan bersama oleh arkeologi dan kelompok sejarah Historic Assynt. Dalam penggalian itu ditemukan gundukan batu berbentuk bulan sabit dan saluran yang berada di bawah sebuah lapisan tanah liat.
Tidak ditemukannya tulang hewan ataupun sesuatu yang terkait dengan aktifitas memasak membuat situs ini diyakini bukan sebagai tempat memasak. Apalagi, ukurannya yang nyaris tidak mungkin untuk mencapai titik didih.
Situs ini dipercaya dibangun dan ditempati oleh budaya bahari yang canggih dan membentang sampai ke Kepulauan Utara dan melebar hingga Hebrida sebelum Romawi menaklukkan Inggris selatan. Mungkin juga telah dilihat oleh ahli geografi Yunani Kuno, Pytheas, selama mengelilingi Inggris.
referensi

No comments :

Post a Comment