5.24.2012

Kutukan Ilmu Hitam Zaman Kuno

Tablet batu yang tersembunyi di museum arsip Bologna boleh jadi berisi kutukan kuno yang mengerikan untuk mengikat dan menyiksa korban. Tablet yang tersembunyi selama hampir satu abad itu diperkirakan telah tersimpan sejak awal Perang Dunia I dan ditemukan kembali pada 2009. Diyakini, usianya mencapai 1600 tahun. 
Adapun terjemahannya mengungkap tentang seekor ular yang 'mengikat' seorang pria yang dimumikan dengan tangan terikat. Pria itu disebut sebagai “Porcellus.”
Adalah Celia Sanchez Natalias dari Universitas Zaragoza yang telah menerjemahkan tablet aneh itu untuk pertama kalinya. "Di latar depan berdiri figur tanpa alas kaki dengan tangan disilangkan atau diikat setinggi perut. Di dadanya terdapat tanda magis, sedangkan di daerah genitalnya terdapat bintang bersegi delapan,” katanya. “Ular yang meliuk-liuk muncul dari sisi kepalanya yang bermahkota. Di bawahnya, terbaring mumi dengan tangan terikat atau menyilang yang merupakan korban kutukan yang dikenali karena di kedua lengannya terdapat prasasti yang berbunyi: Porcellus.”
Terjemahan Natalias
Tablet kutukan merupakan praktek umum di dunia kuno. Bahan yang digunakan biasanya timbal ataupun batu. Namun, tablet Bologna ini tidak biasa karena karena di dalamnya terdapat campuran teks dan figur setan yang menakutkan. Natalias mengatakan bahwa itu bisa memanggil tiga wujud dewi Hekate yang sering dianggap sebagai ibu dari penyihir. Ular yang keluar dari kepala dan mahkota dianggap setan atau dewi yang sedang dipanggil untuk melakukan kutukan. 
Patung Dewi Hekate
Hekate memang sering diminta dalam tablet kutukan. Namun demikian, karena tidak adanya karakteristik lain, seperti tiga wujud atau bantalan obor Hekate yang secara tradisional dihubungkan dengannya, melemahkan hipotesis ini.

referensi: daily mail

No comments :

Post a Comment