2.21.2016

Pisau Cukur Modern Pertama

Pada pertengahan abad ke-18, seorang tukang cukur Perancis bernama Jean-Jacques Perret menulis panduan tentang produk dan teknik yang disebut La pogonotomie, ou L'art d'apprendre a se raser soi-meme (Seni Belajar Bercukur).
pisau cukur
Pada tahun 1762, ia mengembangkan versi pertama dari pisau cukur yang menampilkan pengaman berbentuk L di sepanjang satu sisi dari pisau logam, yang membuat pisau jauh lebih kecil kemungkinannya untuk melukai orang yang sedang bercukur. Pisau cukur ini sangat populer di Perancis dan negara-negara Eropa lainnya di mana orang, pria dan wanita, menggunakannya untuk mencukur kepala agar bisa memakai wig bubuk yang rumit.
Pada pertengahan 1800-an, pisau cukur lurus tersedia di Sheffield, Inggris. Terbuat dari baja tempa, diperlukan pengasah untuk memastikannya tetap tajam. Kebanyakan pria beralih ke pisau cukur baru jenis cangkul yang ditemukan oleh pria Inggris bernama William Henson pada tahun 1847. Pisau cukur Henson memiliki pegangan ditempatkan tegak lurus dengan pisau lebih mudah digunakan dan terkontrol.
Pada tahun 1875, tiga bersaudara, Richard, Frederick dan Otto Kampfe, mendirikan American Safety Razor Company di satu ruang toko di New York City. Mereka menyebut produk mereka Star Safety Razor. Merek dagang yang memiliki simbol berupa sebuah bintang berujung lima dan deretan tiga bintang itu diklaim telah digunakan untuk pertama kalinya pada tanggal 1 Juni 1880 sebagai perangkat keselamatan cukur, silet dan pisau cukur. The Kampfes mengiklankan perangkat cukur mereka sebagai “pas untuk tua dan muda, diperlukan wisatawan, penambang dan orang-orang yang berkemah.” Produk mereka terbuat dari baja terbaik dan memiliki bentuk cekung penuh sehingga mudah digunakan. Masing-masing dibanderol $1.50.

No comments :

Post a Comment