3.24.2013

Mengenal 5 Jenis Primata Awal

Menemukan primata awal tidak mudah. Mereka kemungkinan hidup sekitar 65 juta tahun yang lalu dan merupakan makhluk seukuran yang dapat dikenali terutama dari gigi. Dengan sedikit bukti tersebut, peneliti sulit mengklasifikasikan makhluk-makhluk tersebut dan menghubungkan mereka dengan primata modern. Namun, para ilmuwan telah mengidentifikasi puluhan primata awal atau kemungkinan spesies primata. Berikut ini lima primata awal untuk tambah-tambah pengetahuan Anda.
Purgatorius (gambar atas)
Ditemukan di Montana’s Hell Creek Formation, tikus ini hidup sekitar 65 juta tahun yang lalu pada akhir periode Cretaceous. Tempat purgatorius di dalam pohon keluarga primata sebenarnya diperdebatkan. Aspek giginya sejajarkan dengan sekelompok primata seperti mamalia yang disebut plesiadapiform. Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa jumlah dan berbagai gigi purgatorius membuatnya menjadi nenek moyang―mungkin―primata dan plesiadapiform. Setelah ahli paleontologi dari Universitas Yale menemukan tulang pergelangan kaki purgatorius, para peneliti mengatakan bahwa fosil tersebut mengungkapkan kaki hewan itu fleksibel, seperti mamalia pohon modern. Hal ini menyiratkan bahwa primata awal memang binatang arboreal sebagaimana ilmuwan curigai sebelumnya.
Altiatlasius
Geraham dan fragmen rahangnya mamalia kecil ini ditemukan di Maroko. Banyak ahli paleontologi yang menganggap altiatlasius―yang hidup sekitar 57 atau 56 juta tahun lalu―sebagai primata pertama. Sementara beberapa peneliti percaya bahwa altiatlasius mirip dengan sekelompok tarsier primitif, yang lain berpikir mungkin menjadi nenek moyang kuno monyet dan kera.
Teilhardina
Diambil dari nama ahli paleontologi Perancis, Pierre Teilhard de Chardin, Teilhardina telah ditemukan di Amerika Utara dan Asia. Primate ini diperkirakan hidup hampir 56 juta tahun yang lalu. Para ilmuwan mengelompokkan genus ini dengan omomyids, keluarga tarsius yang muncul selama zaman Eosen atau sekitar 56.000.000-34.000.000 tahun yang lalu. Tahun 2011, para ilmuwan melaporkan bahwa mereka telah menggali fosil Teilhardina di Basin Big Horn, Wyoming, yang menjadi bukti pertama bahwa primata awal memiliki kuku, bukan cakar. Ujung jari dan tulang kaki yang rata, mengindikasikan keberadaan kuku, para peneliti dalam American Journal of Physical Anthropology.
Notharctus
Genus Amerika Utara hidup sekitar 50 juta tahun yang lalu dan termasuk keluarga primata seperti lemur yang disebut adapiform. Notharctus memiliki ekor panjang, melompat dari pohon ke pohon dan mengudap daun. Sebuah laporan yang diterbitkan PLoS ONE menjelaskan bahwa berdasarkan fosilnya, primata ini memiliki sesuatu, seperti persilangan antara kuku dan cakar pada kedua kakinya layaknya lemur, kukang, dan bayi semak (galagos) modern: semua memiliki pertumbuhan cakar pada jari kedua mereka. Tapi itu belum jelas apakah Notharctus sedang dalam perjalanan menuju berkembang cakar perawatan yang benar, atau dalam perjalanan menuju berkembang paku sejati.
Eosimias
Ditemukan di Cina, Eosimias hidup sekitar 45 juta tahun yang lalu. Ukuran dan bentuk giginya bahwa mahkluk ini adalah nenek moyang tertua dari garis keturunan yang mengarah pada monyet dan kera Fosil dari kakinya menunjukkan Eosimias berjalan merangkak seperti monyet modern.

No comments :

Post a Comment