Pribadi dan kharisma seorang Soekarno memang tak perlu diragukan. Beliau terus hidup
dalam sanubari rakyat Indonesia. Berbagai hal yang terkait Soekarno pun tak
bosan jadi bahan perbincangan. Salah satunya benda-benda peninggalan beliau, termasuk
mobil-mobil klasik. Cukup banyak mobil pribadi maupun kepresidenan yang beliau
miliki, namun hanya beberapa yang terlacak keberadaannya. Berikut ini
mobil-mobil peninggalan Bung Karno.
Menurut
sejarah, sebagaimana dikutip otosia.com, Buick 8 adalah mobil kepresidenan pertama Republik Indonesia yang
didapat dari hasil rampasan penjajah Jepang yang pertama digunakan setelah
proklamasi kemerdekaan Indonesia, mulai tahun 1945 hingga 1949. Buick limited
edition lansiran tahun 1938. Mobil bertipe limited-8 yang diproduksi oleh Buick
pada tahun 1939 ini dipersenjatai dengan mesin 320 ci atau 5.247 cc dengan 8
silinder dan 2 katup di setiap silindernya. Tenaga yang dikeluarkannya dapat
mencapai angka 141 hp pada 3600 rpm. Edisi terbatas ini hanya diproduksi
sekitar 1.451 unit saja di dunia.
Chrysler Imperial
Mobil
milik Sang Proklamator ini lansiran tahun 1938. Periode produksinya sendiri
berlangsung dari 1937 hingga 1939. Pada mobil ini terdapat cacat di spatbor
kiri dan kaca belakangnya sebagai bukti sejarah 'Peristiwa Cikini'. Berjenis
limousine dengan 4 buah pintu, mobil ini mengusung mesin 5.3 L yang bertenaga
130 hp dan bertransmisi manual 3-percepatan.
Merupakan
mobil produksi generasi ketiga, yakni tahun 1948 hingga 1949. Mobil berpintu 4
buah ini tergolong sebagai mobil sedan. Mesinnya menggunakan 5.7 L V8 monobloc
dan 5.4 L OHV V8. Untuk transmisi juga tersedia dalam dua tipe yakni manual
3-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Di dunia, Cadillac ini juga terkenal
dengan sebutan Cadillac Sixty Special lantaran menggunakan platform produksi
tipe Series 60.
Mobil
klasik ini diproduksi dari tahun 1959 hingga 1981 oleh pabrikan Rusia. Chaika
GAZ 13 dibekali mesin M13 5.5 L V8 yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 195
hp dan dilengkapi pula dengan transmisi otomatis 3-percepatan. Sedangkan
generasi keduanya diproduksi tahun 1977-1988 yang berganti basis mesin menjadi
M14.
Chrysler
Crown Imperial
Mobil
lansiran 1947 ini diproduksi dari tahun 1939 hingga tahun 1961. Lalu, berlanjut
dari tahun 1961 hingga 1966, namun hanya berlaku untuk Canada saja. Chrysler
Windsor 1947 dibekali dengan mesin 250.6 CID L-head yang bertenaga
114 hp serta dilengkapi dengan transmisi manual 4-percepatan.
Diperkirakan
Mercy milik Bung Karno ini lansiran tahun 1960-an pasalnya beliau wafat tahun 1970. Sedangkan masa produksi Mercy 600 berlangsung
hingga tahun 1981. Sebagai orang nomor satu di Indonesia, layaklah jika sang
Proklamator menyandang mobil elit ini dalam mengemban tugas kenegaraannya. Mercy
ini dipersenjatai dengan mesin 6.3 L V8 yang mampu menghasilkan tenaga 250 hp
pada 4000 rpm, sedangkan torsi puncak mencapai angka 500 Nm pada 2800 rpm. Juga
dilengkapi dengan transmisi otomatis 4-percepatan. Bodinya yang panjang
menggolongkan Mercy 600 ini ke dalam kelas limousine. Berkembang hingga sekarang
dengan varian Pullman-nya, bisa dikatakan inilah cikal bakal Mercy Pullman.
Mobil
klasik ini memiliki julukan Mini. Mini merupakan mobil asal pabrikan Inggris
yang bernama British Motor Corporation. Mini milik Soekarno ini menjadi produk
suksesor yang diproduksi dari tahun 1959 hingga tahun 2000. Mini era 50-an ini
tersedia dalam beberapa varian mesin antara lain; 0.9 L, 1.0 L dan 1.3 L. juga hanya
terdiri dari 2 pintu saja, mengingat bentuk bodinya yang mungil
Oldsmobile
Oldsmobile
Soekarno ini diperkirakan merupakan pabrikan dari generasi yang kelima yakni
pada tahun 1961-1964. Hal tersebut didasarkan pada bentuk bumper depan yang
memang cenderung mewakili produk generasi kelima.
Merupakan
mobil mewah pada waktu itu yang diproduksi oleh perusahaan mobil
Ford. Lincoln milik Soekarno ini diperkirakan produksi generasi pertama. Mobil
yang diproduksi pada tahun 1948 hingga 1954 ini mengusung mesin 5.5 L V8
bertenaga 152 hp. Pada waktu itu sudah berteknologi transmisi otomatis yang
mendapatkan sokongan teknologi dari General Motors.
Zil
111 merupakan mobil yang pernah dimiliki oleh Soekarno, mobil ini keluaran
pabrikan Rusia yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 1958. Zil 111
dibekali dengan mesin 6L V8 yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 200 hp
dengan top speed mencapai 170 kpj. Zil 111 menjadi basis produksi mobil Zil
selanjutnya, yakni dengan keluarnya versi 111A, 111V, 111G dan 111D.
Ford
Thunderbird berwarna merah ini merupakan juga milik Soekarno yang diberikan
kepada Dewi Soekarno. Dewi Soekarno adalah istri Soekarno yang berasal dari
Jepang. Bernama lengkap Ratna Sari Dewi Soekarno dengan nama aslinya Naoko
Nemoto.
anjing !!
ReplyDeleterakyat kelaparan mlh beli mobil mewah
anjing !!!