11.04.2012

Lima Modernisasi Di Dunia Kuno

Tak dipungkiri, dunia modern memang telah banyak menciptakan benda atau apa saja yang dibutuhkan manusia. Dunia modern begitu inovatif dan kreatif. Tetapi, bukan berarti dunia kuno betul-betul kuno. Di sini ada lima di antara puluhan bukti modernisasi di dunia kuno.
Peta
Sebuah tablet tanah liat Babilonia telah diterima secara umum sebagai peta pertama. Artefak ini digali pada tahun 1930 di kota Ga-Sur, Nuzi, 200 km sebelah utara dari situs Babilonia (kini Irak). Berukuran 7,6 x 6,8 cm), tablet ini diperkirakan salah satu peninggalan dinasti Sargon Akkadia (2300-2500 SM) pada permukaan tablet tertulis peta kabupaten yang dibatasi oleh dua rentang bukit yang dibelah oleh aliran air. Prasasti ini mengidentifikasi beberapa fitur dan tempat.
Sabun
Bukti tentang produksi sabun paling awal ini berisi sebuah formula sabun yang terdiri dari air, alkali dan minyak cassia yang ditulis pada tablet tanah liat Babilonia sekitar 2200 SM. Di lain tempat, papirus Ebers (Mesir, 1550 SM) menunjukkan bahwa orang Mesir kuno mandi secara teratur dan mengkombinasikan minyak nabati dan hewani dengan garam alkali untuk membuat zat seperti sabun. Dokumen Mesir itu menyebutkan bahwa zat sabun seperti yang digunakan dalam penyusunan wol untuk menenun.
Galangan Kapal
Galangan kapal pertama di dunia adalah galangan kapal Lothal yang dibangun sekitar tahun 2400 SM di Gujarat, India. Galangan kapal Lothal yang terhubung ke Sungai Sabarmati pada rute perdagangan antara kota-kota Harappa di Sindh dan semenanjung Saurashtra ketika gurun Kutch sekitarnya merupakan bagian dari Laut Arab. Dermaga dibangun di sisi timur kota dan dianggap oleh para arkeolog sebagai prestasi teknik tertinggi. Letaknya jauh dari arus utama sungai untuk menghindari pendangkalan, tetapi memberikan akses ke kapal saat pasang.
Spekulum
Spekulum adalah alat medis untuk menyelidiki rongga tubuh, dengan bentuk yang dirancang sesuai rongga tubuh. Spekula Vag1na digunakan oleh orang Romawi dan artefak spekulum telah ditemukan di Pompeii. Instrumen asli yang digali dari rumah bedah di Pompeii. Terdiri dari priapiscus dengan 2 (atau kadang-kadang 3 atau 4) katup dovetailing yang bisa dibuka dan ditutup dengan bantuan mekanisme sekrup, sebuah pengaturan yang masih bisa ditemukan pada spekulum Eropa abad ke-18. Soranus adalah penulis pertama yang menyebutkan tentang spekulum khusus vag1na. Penulis masalah ginekologi dan kebidanan Graeco-Romawi sering menganjurkan penggunaannya dalam diagnosis dan pengobatan gangguan vag1na dan rahim.
Pasta Gigi
Acuan paling awal mengenai pasta gigi terdapat dalam sebuah naskah Mesir abad ke-4 M yang meresepkan campuran bunga iris. Banyak formula pasta gigi awal berbahan dasar urin. Namun, pasta gigi atau serbuk digunakan secara umum sampai abad ke-19. Orang-orang Yunani dan Romawi kemudian meningkatkan resep untuk pasta gigi dengan menambahkan abrasif, seperti tulang hancur dan cangkang tiram. Pada abad ke-9, musisi Persia sekaligus perancang busana, Ziryab diketahui telah menciptakan jenis pasta gigi yang ia dipopulerkan di seluruh Spanyol Islam.

No comments :

Post a Comment