10.14.2012

Di Manakah Julius Caesar Ditusuk?

Para arkeolog mengklaim bahwa mereka telah menemukan bukti fisik pertama tempat di mana Julius Caesartewas, demikian menurut laporan National Research Council Spanyol. Caesar, kepala Republik Romawi, ditikamsampai mati oleh sekelompok senator Romawi saingannya pada tanggal 14 Maret 44SM. Pembunuhan tersebut tercakup dalam teks-teks klasik, tapi sampai sekarang, para peneliti tidak memiliki bukti arkeologi di manaperistiwa itu terjadi.
Kompleks Torre Argentina [Roma], tempat di mana Caesar ditusuk
Sekarang, para arkeolog telah menemukan sebuah struktur beton dengan lebar hampir 10 kaki dan tinggi 6,5 meter yang mungkin telah didirikan oleh pengganti Caesaruntuk mengutuk pembunuhan itu. Struktur tersebut merupakan dasar dari Kuria atau Teater Pompey, tempat di mana para penulis klasik menuliskannya sebagai tempat penusukan.
"Kami tahu bahwa Julius Caesar tewasdalam Kuria Pompeypada 15 Maret 44 SM karena teks-teks klasik menyampaikannya begitu, tapi sejauh initidak ada bukti material tentang fakta ini," kata Antonio Monterroso, seorang peneliti di Dewan Riset Nasional Spanyol.
Teks-teks klasik juga mengatakan bahwa bertahun-tahun setelah pembunuhan itu, Kuria kemudian ditutup dan berubah menjadi sebuah kapel peringatan bagi Caesar. Para peneliti sedang mempelajari bangunan ini dan monumen lain yang ada di kompleks yang sama, Portico Seratus Kolomatau Hecatostylon. Mereka mencari hubungan antara arkeologi dan apa yang telah digambarkandalam seni.
"Ini sangat menarik bahwa ribuan orang saat ini menaiki bus dan trem tepat di sebelah tempat di mana Julius Caesar ditikam 2.056 tahun yang lalu," kata Monterroso.

referensi

No comments :

Post a Comment